Friday, April 20, 2018

Cara mengamankan iCloud dari Hacker atau Peretas, Amankan sekarang!

Layanan iCloud merupakan bentuk pengembangan dari trend teknologi terbaru dibidang jaringan yaitu komputasi awan. Dengan iCloud kamu dapat mensinkronisasi data seperti foto, musik, dan dokumen ke dalam iPhone, iPad, dan Mac.

Bahkan, kamu bisa melacak, mengunci, dan menghapus seluruh data perangkat melalui iCloud. Ya, bisa dibilang akun iCloud adalah segalanya dan merupakan kunci dunia digital kamu.

Karena itu, kamu harus tahu bagaimana cara mengamankan iCloud dari hacker atau peretas sebelum kamu terlambat, dan iCloud kamu dibobol. Yaitu adalah menjaga keamanan khususnya password yang digunakan di iCloud.

5 Aplikasi untuk melacak data yang di curi, Amankan dengan cara ini!

Cara Mengamankan iCloud Dari Hacker atau Peretas
Berikut ini yang dimaksud cara mengamankan password iCloud dari hacker atau peretas ini adalah untuk menjaga keamanan iCloud.


1. Ubah Password Secara Berkala, Tapi Jangan Sandi yang Sama
Kamu mungkin sudah mendengar hal ini, tapi apakah kamu benar-benar menterapkannya? Jujur saja, mengubah password adalah hal yang merepotkan. Terlebih lagi, ada lebih dari satu password yang harus kamu hafalkan.

Namun, sekali lagi ditekankan bahwa untuk mengubah password secara berkala itu penting. Kamu tidak harus mengganti-ganti password setiap bulan, setidaknya beberapa kali dalam satu tahun.

Nah yang lebih penting lagi, buatlah password yang kuat yang bisa menjaga keamanan iCloud kamu. Gunakan setidaknya 12 karakter, semakin panjang semakin kuat dengan kombinasi acak dari huruf, angka, dan simbol.
Untuk mengubah password iCloud, bisa dilakukan langsung dari iPhone, iPad atau perangkat iOS lainnya. Caranya buka Settings > Apple ID > Password & Security > Change Password.

2. Aktifkan Verifikasi 2 Langkah
Mengubah password secara berkala dan membuat password yang kuat saja belum cukup. Guna menjaga keamanan iCloud dari para peretas, kamu perlu mengaktifkan verifikasi 2 langkah atau juga dikenal otentikasi dua faktor.
Caranya buka Settings > Apple ID > Password & Security > Two-Factor Authentication. Lalu, masukkan nomor telepon kamu.

3. Tambahkan Nomor yang Dipercaya
Setelah verifikasi 2 langkah aktif, berikutnya setiap kali masuk ke akun iCloud, kamu akan memerlukan kode otentikasi enam digit yang dikirimkan melalui SMS ke nomor telepon kamu.

Nah kamu bisa menambahkan nomor telepon yang dipercaya lebih dari satu. Misalnya nomor telepon kedua kamu atau nomor pasangan kamu. Sehingga memudahkan kamu, jika sewaktu-waktu tidak membawa smartphone.

4. Mengawasi Perangkat
Ketika kamu login ke akun iCloud kamu dari berbagai produk Apple. Ada beberapa perangkat yang memang bisa dipercaya yakni dengan menerima kode verifikasi dari iCloud.

Jika kamu melihat ada perangkat yang tidak kamu kenal, kamu bisa mengeluarkan akun iCloud dari perangkat tersebut. Jadi, sesekali cek daftar masuk ke iCloud kamu dan perangkat yang kamu gunakan.
Caranya buka Settings > Apple ID, lalu geser ke bawah untuk meninjau daftar perangkat.

Nah itulah cara mengamankan akun iCloud kamu, biar kamu nggak jadi korban serangan dari para penjahat cyber, black-hat hacker atau cracker. Kamu punya tips tambahan untuk melindungi password iCloud? Share pendapat kamu di kolom komentar, Mari berdiskusi.


EmoticonEmoticon