Friday, April 20, 2018

Inilah bencana yang akan terjadi jika facebook di blokir di Indonesia

Sejak kemunculannya di tahun 2004, Facebook sudah jadi salah satu media atau jejaring sosial paling penting dan berpengaruh bagi kita dan sebagian besar netizen dunia.

Lalu pernahkah kamu membayangkan jika Facebook tiba-tiba ditiadakan lagi? Kali ini, Ranto akan ajak kamu berandai-andai dan memikirkan lima bencana yang terjadi jika Facebook diblokir di Indonesia.

5 Bencana yang Terjadi Jika Facebook Diblokir di Indonesia

Berita soal kasus hacking dan kebocoran data jutaan pengguna Facebook memang lagi panas-panasnya. Si pemilik Facebook, Mark Zuckerberg, jadi pihak yang paling disudutkan terkait kasus ini. Rangkaian proses hukum mesti dia jalani semisal sidang Kongres Amerika Serikat yang pekan lalu kabarnya memakan waktu berjam-jam.

Jika kasus ini berujung pada bersalahnya Facebook, maka kemungkinan yang akan terjadi adalah kita gak bisa lagi menggunakan Facebook karena jejaring sosial tersebut bisa saja dihapus alias ditiadakan. Kalau gak dihapus sekalipun, beberapa negara mungkin akan memblokirnya guna menjaga keamanan data warga negaranya, gak menutup kemungkinan termasuk Indonesia. Jika benar demikian, berikut lima bencana yang akan terjadi jika Facebook diblokir:


1. Berkurangnya Lahan Pekerjaan Sosmed

Sebagai salah satu jejaring sosial paling besar dengan jumlah pengguna paling banyak, Facebook gak bisa dipungkiri adalah salah satu 'senjata' andalan bagi profesi yang berkecimpung di media sosial.

Jadi salah satu yang terpopuler, mempromosikan produk atau jasa perusahaan melalui Facebook tentu menghasilkan traffic yang terbilang tinggi. Jika Facebook diblokir di Indonesia, maka benefit yang dihasilkan dari jejaring sosial tersebut bagi perusahaan tentu akan lenyap.

2. Tutup Lapak Online Shop di Facebook
Sebagai tempat berinteraksi dengan kerabat, Facebook juga jadi wadah bisnis yang terbilang menghasilkan. Berjualan online via Facebook terbukti menjangkau banyak banget konsumen atau calon konsumen. Banyak online shop bahkan memiliki sejumlah pelanggan setia di Facebook.

Jika Facebook diblokir, maka bisa dipastikan banyak online shop akan mengalami kerugian atau setidaknya penurunan jumlah transaksi yang biasanya ramai melalui Facebook. Apalagi jika online shop tersebut sudah punya nama besar di Facebook, maka kerugian yang bisa dialaminya pasti sangat terasa.

3. Migrasi Alay ke Sosmed Lain
Meski menyenangkan dengan berbagai fitur yang terus dikembangkan, Facebook bukannya gak punya sisi negatif. Banyaknya pengguna yang aktif di Facebook juga berbanding lurus dengan banyaknya jumlah pengguna annoying dengan konten-kontennya yang kurang berfaedah. Pengguna yang gak jarang disebut "alay" ini memang menjadikan Facebook sebagai wadah mereka untuk 'berkarya'.

Jika wadah mereka itu diblokir, maka otomatis mereka akan mencari tempat lain untuk tetap menuangkan 'karya'-nya. Salah satu jalan adalah dengan melakukan migrasi alias pindah merambah media sosial lainnya, misalnya Instagram. Jadi bersiaplah untuk perubahan yang akan terjadi di sosmed lain yang kamu gunakan.

4. Lenyapnya Akun Mobile Legends (Termasuk yang Mythic)
Buat kamu pemain Mobile Legends yang menggunakan akun Facebook, maka kabar buruk juga buat kamu jika Facebook diblokir di Indonesia. Apalagi buat kamu yang sudah punya rank tinggi semisal Legend atau Mythic. Perjuangan kamu sampai di sana akan sia-sia jika tiba-tiba Facebook diblokir, lalu akun kamu juga ikut menghilang alias lenyap.

5. Gak Ada yang Ingat Ulang Tahun Kamu
Selama bertahun-tahun, Facebook jadi media sosial yang sangat berguna untuk urusan mengingat ulang tahun. Seringkali kita lupa hari ulang tahun teman, sahabat bahkan keluarga atau saudara sendiri. Adanya Facebook yang sudah memberi notifikasi sejak pukul 00.00 pagi membuat kita ingat hari penting kerabat kita.

Itu artinya, Facebook pula yang bikin orang lain alias teman-teman kita di sana ingat kapan hari ulang tahun kita. Jadi kalau selama ini kamu hanya dapat ucapan selamat ulang tahun dari orang lain setelah mereka tahu dari Facebook, maka bersiaplah jika gak ada lagi yang ingat sama hari ulang tahunmu jika Facebook sampai diblokir.

Itulah lima bencana yang bisa terjadi jika Facebook diblokir di Indonesia. Sebagai pengguna Facebook, gimana pandangan kamu soal kasus pencurian data yang kini sedang ramai? Setujukah kamu jika Facebook dihapus atau diblokir? Sampaikan pendapat kamu di kolom komentar ya.


EmoticonEmoticon