Friday, April 20, 2018

Perlu di pertahatikan! Inilah tanda-tanda smartphone akan meledak

Kasus baterai smartphone meledak pernah menghebohkan dunia saat munculnya banyak kejadian Samsung Galaxy Note 7 serta beberapa iPhone yang meledak. Keamanan baterai smartphone pun mulai diragukan.

Meski sekarang sudah gak sesering itu terjadi, kamu tetap harus waspada. Kali ini Ranto akan mengajak kamu untuk kenali lima tanda baterai smartphone akan meledak.

5 Tanda Baterai Smartphone Akan Meledak
Kamu termasuk tipe yang gak bisa lepas dari smartphone, maka kamu harus lebih waspada akan bahaya yang mungkin aja terjadi. Salah satu yang berbahaya adalah baterai smartphone yang meledak. Tentunya kamu gak mau hal itu menimpa kamu, bukan? Untuk itu, kamu perlu mengenali lima tanda ini:

1. Smartphone Panas

Buat kamu yang doyan gaming atau browsing nonstop atau dalam jangka waktu super lama, pasti kamu sudah gak kaget ketika smartphone kamu terasa panas. Jangan dianggap remeh, hal itu bisa jadi pemicu atau bahkan sudah jadi gejala yang menandakan baterai smartphonemu akan meledak.

Salah satu penyebab panasnya smartphone adalah baterai. Ya, fenomena yang terjadi pada baterai yang biasa disebut thermal runaways ternyata membuat panas yang ada pada baterai mengalir ke bodi smartphone. Hati-hati, jika sudah dalam keadaan panas dan terus dimainkan, malah bisa memicu meledaknya smartphone lho!

2. Baterai Gendut atau Membesar
Baterai gendut sudah bukan jadi rahasia umum lagi adalah salah satu tanda atau gejala yang menyebabkan smartphone meledak. Hal ini sejatinya terjadi karena perilaku si pengguna yang seringkali mengisi baterai secara berlebihan atau dibiarkan dalam keadaan overheated atau overcharged.

Baterai yang membengkak sebenarnya masih bisa digunakan alias berfungsi di smartphone kamu. Namun jika terus dibiarkan dengan kebiasaan yang salah, maka akan berujung pada meledaknya baterai tersebut. Bobot yang sudah semakin besar, ruang baterai yang gak lagi memadai ditambah lagi dalam kondisi panas, maka besar peluang baterai untuk meledak.

3. Penurunan Performa Tanpa Sebab
Smartphone kamu tiba-tiba jadi melambat tanpa sebab. Ya, kamu ngerasa gak download game berat, gak menyimpan ribuan file dengan size besar atau menjalankan banyak aplikasi background sekaligus. Tapi smartphone kamu mengalami penurunan performa alias jadi lambat tanpa sebab.

Maka hal itu bisa saja adalah salah satu tanda atau gejala akan 'meletusnya' smartphone kamu. Baterai yang dalam kondisi 'sakit' juga bisa menyebabkan performa smartphone menurun lho. Jadi jika sesekali kamu menemukan kondisi smartphone tiba-tiba lemot dan menemukan ada yang aneh pada baterai kamu. Maka kamu harus waspada guna menghindari kemungkinan smartphone tersebut meledak.

4. Aplikasi Berhenti Beroperasi
Seringkali mengalami kejadian aplikasi yang tiba-tiba berhenti beroperasi padahal gak ada masalah sama sekali pada prosesor, RAM dan perangkat lain? Maka kamu wajib memeriksa kondisi baterai kamu. Kerusakan yang dialami baterai bisa berimbas pada berhenti beroperasinya sebuah aplikasi. Jika terus dibiarkan, hal itu bisa menjembatani terjadinya ledakan pada smartphone.

5. Berasap
Dalam keadaan overheated alias terlalu panas, komponen liquid atau cair yang ada pada baterai ternyata bisa berubah menjadi gas lho! Jika dibiarkan terus menerus, apalagi dengan kelakuan pengguna yang sering membiarkan smartphone overcharged, maka peluang smartphone meledak semakin besar.

Itulah lima tanda yang menunjukkan gejala baterai smartphone kamu akan meledak. Memang gak melulu terjadi ledakan, tapi kamu harusnya bisa lebih waspada jika tanda-tanda di atas terjadi pada smartphone kamu. Setuju?


EmoticonEmoticon