Thursday, April 19, 2018

Tips cara mempercepat waktu charger smartphone 2018

Hampir semua pengguna ponsel pintar memiliki permasalahan seputar baterai, salah satunya adalah mengisi daya atau charger baterai yang terasa sangat lama. Perlu kamu tahu, tipe charger di setiap smartphone itu berbeda-beda. Sudah pasti ada perbedaab antara smartphone yang sudah support quick charging dengan yang belum.

Eitss, jangan khawatir guys. Walau smartphone kamu belum support teknologi quick charging, kamu masih bisa mengakali proses charger smartphone supaya lebih cepat dari biasanya. Tapi tetap harus diingat ya, tips ini tidak akan mengalahkan teknologi quick charging yang memang sudah bawaan pabrik. Yuk langsung aja simak artikelnya!

6 Cara Untuk Mempercepat Waktu Charger Smartphone

1. Gunakan Charger Bawaan

Meskipun hampir semua charger smartphone memiliki port yang sama, namun daya yang dikeluarkan oleh setiap charger berbeda-beda. Misalkan, charger bawaan smartphone kamu tertulis output 2A, namun kamu selalu menggunakan charger lain yang memiliki ouput 1A/1,5A. Tentu proses charger yang menggunakan output 1A lebih lambat daripada charger dengan ouput 2A.

Menggunakan charger yang bukan bawaan juga dapat mengakibatkan hal buruk bagi baterai smartphone. Kamu bisa melihat artikel kami yang berjudul Bahaya Ngecas Smartphone Pake Charger Lain (Bukan Bawaan).

2. Nyalakan Mode Pesawat
Semakin sedikit aktivitas yang dilakukan smartphone ketika mengisi daya maka proses charger pun akan semakin cepat. Mode pesawat merupakan fitur yang memblokir semua aktivitas nirkabel di smartphone. Di dalam mode ini smartphone tidak akan menerima panggilan, sms, dan notifikasi.

3. Matikan Smartphone
Jika mode pesawat terasa kurang efektif, maka mematikan smartphone adalah langkah yang jauh lebih efektif. Tetapi dengan mematikan smartphone kamu tidak akan menerima pemberitahuan atau pengingat yang sudah kamu atur sebelumnya. Untuk kamu yang tidak mau hal tersebut terjadi, cobalah untuk melakukan tips berikutnya.

4. Aktifkan Mode Battery-saving
Fitur battery-saving sudah ada sejak peluncuran Android 5.0 Lolipop. Aktifkanlah mode ini saat smartphone di-charger. Dalam mode ini smartphone akan menonaktifkan aktivitas yang tidak penting selama proses charging. Menurunkan performa smartphone dan membatasi aktivitas background di dalam smartphone.

5. Matikan Fitur yang Tidak Perlu
Sebelum men-charge smartphone periksalah fitur-fitur yang masih menyala seperti GPS, NFC, WiFi, Bluetooth, atau fitur lain yang banyak menghabiskan daya baterai. Selain itu, tutup semua aplikasi yang sedang berjalan dan hentikan smartphone dari proses backup otomatis.

6. Jangan Terlalu Sering Menyentuh Smartphone

Jika kamu seorang yang sangat membutuhkan smartphone dan sering menerima panggilan atau pesan, maka cobalah untuk tidak menyentuh smartphone setiap saat. Minimal biarkan smartphone tidak tersentuh selama 1-2 menit.

Kenapa? Faktor utamanya adalah layar, Layar merupakan penguras baterai terbesar dari semua aktivitas smartphone. Jadi semakin sedikit aktivitas layar, maka proses charging pun akan semakin cepat.

Untuk memaksimalkan proses charging, cobalah untuk mengkombinasikan beberapa cara yang bisa digabungkan misalnya menggunakan charger asli, mengaktifkan mode battery-saving, mematikan fitur yang tidak perlu dan sedikit menyentuh smartphone.

Atau untuk kamu yang tidak telalu membutuhkan smartphone cobalah untuk mengkombinasikan dengan cara menggunakan charger asli dan mematikan smartphone.


EmoticonEmoticon