Sunday, April 22, 2018

Waspadai! 7 Hal yang tidak boleh dilakukan saat Smartphone masuk Air

Air bisa jadi musuh yang sangat berbahaya untuk semua perangkat elektronik, tentunya yang tidak waterproof. Terkadang tanpa sengaja kita melakukan sesuatu yang bisa membuat smartphone kita basah terkena air. Entah karena kehujanan, ketumpahan minuman atau nyemplung ke bak air saat di kamar mandi.

Karena panik dan takut kadang kita jadi gegabah saat HP masuk air. Nah kamu harus tahu beberapa hal yang harus kamu hindari guys, berikut 7 hal yang tidak boleh dilakukan saat HP masuk air.


7 Hal yang HARAM dilakukan Saat HP Masuk Air
Kalau melakukan cara yang salah, bukannya menyelamatkan kamu justru menambah kerusakan di smartphone. Jadi kamu harus lebih berhati-hati saat itu terjadi.

1. Memencet Tombol atau Menggoyangkan Smartphone

Saat HP kamu masuk ke air, jangan coba-coba untuk memencet-mencet tombolnya. Ataupun menggoyang-goyangkan HP kamu. Hal tersebut justru membuat air masuk ke smartphone kamu lebih dalam dan menyebar lebih luas.


2. Menggunakan Hair Dryer
Hair Dryer memang hangat tapi bukannya menarik air keluar, pengering rambut justru mendorong air masuk lebih dalam. Selain itu udara hangat yang keluar dari hair dryer juga berbahaya untuk smartphone.

3. Memasukkan ke dalam Beras Kering
Beras dalam jumlah banyak biasanya memiliki partikel-partikel kecil seperti debu. Jika kamu memasukkan HP basah kamu ke beras, justru berbahaya untuk smartphone. Karena partikel debu ini bisa masuk ke dalam smartphone kamu. Lebih baik keringkan HP menggunakan handuk lalu masukkan ke wadah tertutup dengan silica gel.

4. Menggunakan Oven atau Microwave
Memasukkan smartphone kamu ke dalam oven yang memiliki suhu tinggi justru bisa meningkatkan kerusakan di smartphone. Suhu tinggi bisa berbahaya untuk komponen listrik yang ada di dalam smartphone. Jadi jangan lakukan ini saat smartphone kamu terkena air ya guys.

5. Masukkan ke Dalam Freezer
Memasukkan HP basah ke dalam freezer akan membuat air membeku, bukan berarti menghilangkannya. Saat dikeluarkan dari freezer air yang beku tadi akan meleleh lagi, dan membasahi bagian dalam smartphone kamu. Jadi hal ini juga harus dihindari saat smartphone kamu terkena air.

6. Jangan Ditiup!

Dengan meniup smartphone yang terkena air justru meningkatkan kemungkinan air masuk ke tempat-tempat yang lebih dalam. Belum lagi udara yang keluar dari mulut kita pasti mengandung air. Meniup smartphone saat basah harus dihindari.

7. Membongkar Smartphone
Membongkar smartphone untuk membuka bagian dalam smartphone sangat tidak direkomendasikan. Terutama jika smartphone kamu masih memiliki garansi. Membongkar bagian dalam smartphone bisa mempengaruhi garansi yang kamu punya.

Itu dia 7 hal yang tidak boleh dilakukan saat HP masuk air rekomendasi dari Ranto. Setelah mengetahui 7 hal itu, jangan pernah melakukannya lagi ya guys.


EmoticonEmoticon