Monday, July 23, 2018

5 Fitur di Smartphone Android yang Mirip dengan Fitur iOS 12.

Kedua sistem operasi smartphone terbesar belum lama ini telah meluncurkan versi terbarunya, Android dengan versi P dan iOS dengan versi 12. Keduanya masing-masing membawa pembaruan bagi dari segi fitur dan juga memaksimalkan kinerja perangkat. Namun banyak yang mengatakan bahwa iOS 12 memiliki beberapa fitur yang mirip seperti fitur Android.

Sejak beberapa tahun silam, memang banyak fitur dari kedua sistem operasi smartphone terbesar di dunia tersebut yang saling memiliki kemiripan. Meskipun beberapa fitur tersebut tidak sepenuhnya mirip, melainkan hanya beberapa poin saja yang cenderung mirip, tetapi dari segi fungsi biasanya memiliki kegunaan yang hampir sama.

Namun tentunya hal tersebut akan membuat persaingan antara kedua sistem operasi tersebut semakin menarik. Karena secara tidak langsung mereka tidak mau kalah dan terus bereksplorasi untuk menciptakan fitur-fitur unggulan yang akan memanjakan para penggunanya. Seperti yang dikutip dari Gadget Hacks, berikut ini 5 Fitur di Smartphone Android yang Mirip dengan Fitur iOS 12.

7 Fitur di Smartphone Android yang Mirip dengan Fitur iOS 12

1. Digital Wellbeing

Pada peluncuran Android P, Google mengumumkan fitur yang berguna untuk mengurangi kecanduan smartphone yang bernama Digital Wellbeing. Meskipun hingga saat ini fitur ini belum diluncurkan dalam Android P versi Beta, namun kedepannya fitur ini bakal dihadirkan dalam Androi P versi global.

Tak mau kalah, iOS 12 juga memiliki fitur serupa yang berfungsi sama, fitur tersebut bernama Digital Health. Fitur ini bertujuan meminimalkan gangguan dari pemberitahuan, secara otomatis menggunakan mode Jangan Ganggu, serta menunjukkan grafik dari berbagai aplikasi yang biasa digunakan.

2. Mode DND

Android telah terlebih dahulu memiliki fitur DND (Do Not Disturb) yang berfungsi untuk membuat smartphone terbebas dari segala macam gangguan, seperti panggilan masuk, pesan hingga bergam notifikasi. Fitur yang hampir mirip juga dimiliki iOS 12, yang membuat layar kunci berhenti menampilkan daftar panjang pemberitahuan dalam waktu tertentu. Bahkan pada Android P, memilki fitur shush yang berfungsi mengheningkan semua nada saat layar dihadapkan ke bawah.

3. Video Call Group
Salah satu pembaruan pada iOS 12, yakni FaceTime telah mendukung untuk melakukan obrolan video dengan lebih dari satu orang sekaligus. Namun fitur ini cukup terlambat karena jauh sebelum ini Android telah memiliki fitur ini dalam aplikasi Google Hangouts. Jadi secara tidak sadar, Android sudah memilki fitur panggilan video lebih dari satu orang melalui aplikasi Hangout. Namun sayangnya aplikasi Hangouts sendiri relatif jarang digunakan di Indonesia.

4. Pengelompokan Notifikasi
Fitur pengelompokan notifikasi dalam aplikasi yang sama telah hadir di Android semenjak beberapa versi sebelumnya, sehingga notifikasi akan terlihat lebih simpel dan rapi. Hal ini ternyata juga kembali digunakan oleh iOS 12 setelah sebelumnya fitur ini absen pada iOS 10 dan 11. Kamu dapat mengetuk notifikasi yang dikelompokkan untuk memperluasnya dan melihat isi masing-masing notifikasi tersebut, sementara di Android kamu harus menggeser ke bawah untuk memperluas dan melihat isi notifikasi tersebut.

5. Google Assistant
iOS 12 memperkenalkan Shortcut Siri untuk membantu kamu menyelesaikan berbagai hal dengan lebih cepat. Seperti menanyakan Siri tentang "Apa rencana perjalanan saya" maka secara otomatis Siri akan menampilkan berbagai jadwal perjalan yang bisa kamu lakukan. Fitur ini juga sudah dimiliki oleh Android melalui Google Assistant, cara kerjanya pun sanagat mirip dengan Shortcut Siri yang dimiliki oleh iOS 12.

Itulah 5 Fitur di Smartphone Android yang Mirip dengan Fitur iOS 12. Meskipun cenderung mirip, namun keduanya memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing, sehingga susah untuk menilai mana di antara keduanya yang lebih baik.

1 comments

Nice post gan
Kunjungi
https://apkmod33.blogspot.com


EmoticonEmoticon